Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat bukan hal yang rahasia lagi bagi kalian yang punya masalah dengan jerawat kan guys, disini kami akan bantu, tetapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit di mana folikel rambut tertutup minyak dan sel sel kulit, dan terbentuklah jerawat. Ketika sel sel kulit, dan kelebihan minyak tergabung menjadi satu dan menutup filokel rambut atau pori pori dan menyebabkan penyumbatan. Di dalam penyumbatan terdapat bakteri dan terjadilah pembengkakkan di bawah kulit.

Jual Trulum dari Synergy dengan harga kompetitif dan terjamin originalitasnya. Dapatkan hanya di Trulumsynergy.co.id.

Kita mungkin bertanya tanya, mengapa bisa berjerawat. Berikut  faktor penyebab tampilnya jerawat di wajah kita

  1. Hormon

Jerawat paling banyak di alami oleh para remaja, mengapa? Masa remaja terjadi perubahan hormon, kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak yang berlebih daripada yang di butuhkan. Dan kulit berminyak ini yang rentan terkena jerawat.

Pada wanita terkena jerawat saat PMS atau saat haid atau bisa juga karena monopouse.

  1. Vitamin

Jika kita peminum multivitamin, coba kita cek apakah terdapat iodine di dalamnya karena iodine boisa menyebabkan jerawat. Untuk menghindari itu maka pilihlah vitamin lain yang mempunyai kandungan zinc, selenium, vitamin A, vitamin C dan vitamin B3, carotenoids serta omega bisa ikut berpartisipasi mengobati jerawat.

  1. Penggunaan Produk Rambut

Pomade ataun gel memiliki bahan dasar minyak yang akan menyebabkan jerawat, karena kandungan bahan di dalamnya bersifat menyumbat pori pori atau comedogenic.  Untuk mencegah itu terjadi pilihlah penataan rambut yang mempunyai bahan dasar air.

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Hindari makan goreng gorengan, kacang kacangan dan yang mengandung yodium, gantilah dengan memakan seperti sayur dan buah untuk memenuhi serat dan mineral untu tubuh.

  1. Polusi Udara

Berada di ruangan ber ac bukan berarti kita terbebas dari kulit yang bermasalah, justru di dalam ruangan ber ac kulit akan menjadi kering dan kusam karena adanya bakteri dan zat yang ada di dalam pendingin ruangan itu. Untuk yang berkegiatan di luar ruangan, kulit akan lebih berminyak akibat keringat, polusi dan radikal bebas.

  1. Akibat Stress

Hormon akan berubah jika tingkatan stres kita juga meningkat, tingkatan stres akan meningkatkan hormon adrenalin yang memancing kenaikkan hormon stres yakni kortisol. Kedua zat tersebut akan membuat kelenjar minyak pada wajah meningkat dan menimbulkan jerawat.

  1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Bagi sebagian orang untuk mencegah jerawat harus sering mencuci muka, ternyata mencuci muka terlalu sering dapat membuat wajah menjadi kering dan kehilangan minyak alami kulit dan memicu kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi, dan efeknya jerawat akan timbul kembali.

Demi mencegah hal ini mencuci muka cukup 2 kali dalam satu hari, saat mencuci muka gunakan air hangat dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan.

  1. Memencet Jerawat

Memencet jerawat bukanlah solusi untuk menghilangkan jerawat karena saat jerawat di tekan sumbatan pada pori pori kulit masuk lebih dalam lagi. Hal ini justru akan membuat masalah baru pada kulit karena penyembuhan akan makin lama. Jangan menyentuh jerawat karena minyak dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori pori dan memperparah jerawat.

  1. Penggunaan Ponsel

Selalu bersihkan layar ponsel terutama setelah di gunakan, karena ponsel terkena minyak dan keringat, di perparah dengan tekanan pada pipi yang akan membuat jerawat pecah.  Kotoran seperti itu harus di bersihkan karena kotoran dan bakteri yang sudah berkembang biak akan kembali ke wajah.

  1. Konsumsi Makanan Manis Dan Olahan

Biskuit, kiek, roti putih dan pasta serta keripik kentang adalah daftar jenis makanan yang sebaiknya di hindari begitu pula olahan susu juga harus di batasi karena ikut mempengaruhi timbulnya jerawat.

  1. Malas Mengobati Jerawat

Untuk mengobati jerawat kita membutuhkan waktu beberapa minggu, tidak langsung hilang saat pertama kali di beri obat. Harus telaten mengobati sampai jerawat menghilang.

Itu adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat, setelah kita mengetahui faktor penyebabnya maka akan mudah bagi kita untuk mengambil langkah pengobatannya.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

 

Ada produk fenomenal yang bisa memberikan solusi alami dan terbaik serta murah yaitu Trulum Synergy. Saat ini sedang harga promo. Segera dapatkan sekarang atau Anda akan menunggu antrian hingga stok kembali masuk dari luar negeri.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami mungkin akan lebih baik menjadi pilihan karena jauh dari efek samping bahan kimia. Menggunakan cara alami seperti ini mempunyai banyak keuntungan antara lain bahan mudah di temui, tanpa efek samping yang membahayakan, tidak butuh biaya banyak, tak menguras waktu dan tidak ribet. Kita punya beberapa cara alami hilangkan jerawat yaitu :

  1. Es Batu

Kita tidak sedang membuat minuman es segar ya, tetapi kita hanya membutuhkan es batu untuk hilangkan jerawat. Gunakan sapu tangan untuk membungkus es batu, letakkan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit. Jangan terlalu di tekan ya, karena di takutkan terjadi luka dan bakteri akan masuk lagi ke dalam kulit wajah. Cara menghilangkan jerawat yang meradang bisa menggunakan metode ini.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, dapat mencegah peradanganpada wajah yang berjerawat. Saat menggunakan  minyak zaitun maka wajah akan terasa lembab. Untuk menggunakannya  cukup di oleskan pada wajah yang berjerawat, pastikan wajah telah bersih dari make up. Diamkan satu malam dan bersihkan keesokkan harinya. Jika ingin hasil yang memuaskan maka rajinlah menggunakan minyak zaitun ya kawan.

  1. Daun Sirih

Bahan yang satu ini mempunyai anti oksidan, dan anti bakteri dan dapat di jadikan obat jerawat. Cukup gunakan sebagai masker daun sirih yang telah di tumbuk halus, sangat mudah, praktis dan cepat.

  1. Obat Tetes Mata

Kalian pasti bertanya tanyan kan mengapa menggunakan obat tetes mata untuk jerawat, bukankah akan mengobati jerawat bukan mata. Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat kulit kemerahan akibat jerawat dapat di atasi. Gunakan kapas untuk mengoleskan pada wajah yang berjerawat.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis tak kalah berkhasiat menghilangkan jerawat di banding dengan bahan lain. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yaitu oleskan jeruk nipis pada daerah yang berjerawat, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Pastikan wajah sudah bersih  dari make up dan kotoran lainnya. Untuk diketahui kandungan asam pada jeruk nipis akan membuat perih, berhenti menggunakan jika terjadi peradangan kulit.

  1. Soda Kue

Fungsi lain soda kue adalah dapat hilangkan jerawat, dan sangat mudah menggunakannya. Cuci bersih wajah dengan air bersih, oles wajah yang berjerawat dengan soda kue yang telah di jadikan pasta, diamkan 15 menit lalu bilas dengan  air.

  1. Lidah Buaya

Jenis tanaman yang satu ini sangat populer di dunia kecantikkan, mengandung zat aktif yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Cuci wajahmu sebelum di olesi dengan gel lidah buaya. Dalam sekejap wajah akan bersih meskipun lidah buaya ini mempunyai bau yang kurang sedap.

  1. Bengkoang

Bengkoang dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung nutrisim yang banyak. Caranya mudah, haluskan bengkoang, saring untuk di ambil endapan airnya, oles pada area wajah yang berjerawat, diamkan beberapa menit lalu bilas air bersih.

  1. Uap

Uap berfungsi untuk membuka pori pori kulit sehingga kulit dapat bernafas, dapat menghilangkan minyak dan mudah di bersihkan dari kotoran kotoran yang ada di bagian dalam pori pori. Caranya, isi mangkuk dengan air panas dan letakkan wajah mu di atas mangkuk tersebut, tutup wajah dengan handuk selama 15 menit lalu bilas dengan air.

  1. Putih Telur

Putih telur yang mengandung protein ini dapat di gunakan untuk menghilangkan jerawat juga, karena masker putih telur dapat membuka pori pori wajah dan mengeluarkan kotoran penyebab jerawat. Caranya mudah, oleskan putih telur pada wajah yng berjerawat, diamkan selama satu malam, bilas keesokkan harinya. Sebaiknya di lakukan menjelang tidur di malam hari.

  1. Listerine

Siapa sangka mouthwash ini bisa juga untuk menghilangkan jerawat, tetapi tidak untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada wajah berjerawat diamkan satu jam dan bilas air bersih.

  1. Tomat

Vitamin C dan vitamin A serta lycopene dapat menghilangkan jerawat dan itu terdapat di dalam buah tomat. Cara pemakaiannya gunakan tomat yang sudah di haluskan sebagai masker, tunggu 30 menit lalu bilas air bersih.

  1. Pepaya

Jerawat bisa hilang jika kita menggunakan pepaya yang sudah di hancurkan sebagai masker, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang baunya khas ini juga dapat membantu kita menyelasaikan masalah jerawat, karena bawang putih mempunyai kandungan antiseptik alami, anti jamur dan dapat mengurangi minyak pada tubuh. Haluskan bawang putih dan oles pada area jerawat, diamkan 15 menit dan bilas dengan air dingin.

  1. Peppermint

Daun ini akan memberikan efek segar pada wajahmu karena mempunyai kandungan menthol. Untuk masalah jerawat cukup oleskan pada wajah berjerawat daun mint yang sudah di haluskan, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Lemon

Buah ini mengandung vitamin c dan bisa membantu melenyapkan jerawat, dengan cara potong lemon menjadi dua, lalu oleskan air lemon menggunakan cotton bud pada area jerawat, biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Madu

Madu sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit karena madu mempunyai kandungan zat antibiotik yang ampuh membunuh bakteri, mencegah bakteri dan membersihkan wajah dari kotoran yang menempel. Caranya oles madu pada wajah yang berjerawat, lalu diamkan 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Minyak Lavender

Selain aromanya yang menenangkan minyak ini juga dapat mengobati jerawat. Caranya mudah, teteskan minyak lavender pada wajah berjerawat, diamkan sampai meresap.

  1. Stroberi

Buah ini banyak di gemari orang karena rasanya yang sangat manis, dan ternyata juga mempunyai khasiat lain yaitu menyembuhkan jerawat. Caranya belah buah stroberi lalu oles pada wajah berjerawat secara perlahan, diamkan 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Kentang

Kentang berkhasiat membersihkan pori pori yang tersumbat, dengan cara gunakan sebagai masker kentang yang sudah di haluskan tadi, diamkan 20 menit lalu bilas dengan air.

  1. Pasta Gigi

Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi mungkin agak asing di telinga kita, karena yang kita tahu pasta gigi hanya untuk merawat gigi saja, dan ternyata itu salah karena pasta gigi juga dapat menghilangkan jerawat. Kandungan di dalam pasta gigi adalah peroksida, baking soda, alkohol dan tricolsan yang melawan bakteri. Yang perlu di perhatikan jika menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat adalah

Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan,oles pasta gigi pada permukaan jerawat dan biarkan selama 2 jam lalu bersihkan dengan handuk yang sudah di rendam dengan air hangat dan keringkan.

     Itu adalah solusi pengobatan secara alami yang bisa di bilang sangat praktis dan tidak menguras kantong. Setelah kita sembuh dari jerawat bukan berarti masalah selesai begitu saja, jerawat yang sudah tidak aktif lagi meninggalkan jejak yaitu bekas jerawat. Dan lagi lagi masalah seperti itu akan di pusingkan bukan?  Bagi orang yang mementingkan penampilan pasti akan panik jika ada bekas jerawat yang hinggap di wajah, percaya diri tentu akan berkurang yang akhirnya menghambat semuanya.

 

 

Bekas jerawat mempunyai beberapa jenis, dan untuk mengobatinya kita kenali dulu jenis bekas jerawat.

  1. Bekas Jerawat Yang Menghitam

Bekas jerawat seperti ini sering di alami banyak orang, tekstur kulit tidak berubah hanya warna kulit yang mengalami perubahan menjadi lebih hitam. Hal ini di sebabkan adanya peradangan yang membuat produksi melanin berlebih pada kulit dan untuk memulihkan luka ini memrlukan waktu 1 – 2 tahun. Jika ingin menghilangkan bekas jerawat ini harus selalu menggunakan skincare yang mempunyai kandungan yang bertugas manghambat hiperpigmantasi, seperti vitamin C, niacinamide, licorice. Sunscreen juga wajib di gunakan untuk menghambat hiperpigmentasi tidak semakin parah.

  1. Bekas Yang Berbentuk Benjolan

Bekas jerawat yang satu ini akan menampakkan perubahan tekstur kulit, akan nampak seperti pori pori yang dalam dan biasanya mempunyai ukuran yang kecil berjumlah banyak, susah untuk di hilangkan. Untuk menyamarkan bekas luka ini dengan menggunakan laser treatment, punch out, excisions dan cangkok kulit.

  1. Tekstur Bergelombang Kasar

Jenis ini biasanya di sebabkan oleh jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang sangat lama, semakin tua bekas jerawat ini malah semakin terlihat dan tak bisa di tangani. Masalah ini hanya bisa di tangani dengan melakukan facial filler dan laser treatmant untuk meratakan permukaan kulit.

  1. Ice Pick

Bekas luka ini nampak dalam dan sempit, seperti pori pori yang kosong dan besar pada kulit dan seperti tertusuk dan meluas ke dermis. Karena luka yang sangat dalam membuat luka ini menjadi sulit untuk di obati. Peeling, mikrodermabrasi dan perawatan laser lainnya tidak akan mampu mengobati karena tehnik yang tidak mengangkat jaringan parut secara efektif.

  1. Boxcar

Lika sudut dengan sisi vertikal yang tajam seperti bekas luka cacar air adalah penampakkan jenis bekas jerawat ini. Saat peradangan yang di sebabkan oleh jerawat menghancurkan kolagen kulit dan jaringan kulit akan hilang, permukaan teratas akan di biarkan tanpa adanya perlindungan membuat area wajah ini tertekan. Cara menyamarkan luka ini bisa kita lakukan perawatan laser resurfacing, chemical peeling namun mungkin hasil tidak begitu memuaskan.

Pengobatan Modern Atasi Jerawat dan Bekas Jerawat

     Setelah kita usai membahas masalah jerawat dan bekas jerawat, pengobatan alami telah pula kita jabarkan, lantas apakah tidak ada pengobatan secara modern. Kita akan memberikan pengobatan yang di rekomendasikan untuk menghilangkan jerawat.

  1. Acnes Spot Care

Kandungan yang ada di dalamnya sangat aman untuk digunakan bahkan pada ibu yang sedang mangandung.  Cara menghilangkan jerawat nasi bisa menggunakan cara ini.

  1. Cathy Doll Snail Bright Whitening Cream

Produk ini mengandung air, glycerin, butylene glycol, glycerin stearate dan vitamin C yang berfungsi untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Dengan pemakaian secara teratur akan berefek kulit menjadi lebih cerah dan kencang, kerutan dan bintik hitam pun mampudi taklukkan oleh krim ini. Cara menghilangkan jerawat bruntusan bisa menggunakan cara ini.

  1. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Produk ini sangat di percaya di gunakan di korea selatan dan beberapa negara lainnya. Gel ini dapat di gunakan sebagai masker wajah jika ingin mengurangi jerawat dan ekstrak lidah buayanya akan memberi nefek menenangkan kulit akibat iritasi karena jerawat.

Selain sebagai masker, kita juga dapt gunakan krim ini sebagai primer make up ataupun lulur.

  1. Yofum Acne Removing Cream

Krim ini di produksi di tiongkok  dan sangat sesuai dengan jenis kulit orang asia, termasuk Indonesia. Krim ini menawarkan pemulihan segala jenis jerawat, dari jerawat batu hingga jerawat yang sangat parah. Selain dapat mengobati jerawat, krim ini juga dapat mengontrol kadar minyak berlebih di wajah, mengangkat sel kulit mati dan mengganti dengan kulit yang lebih cerah. Cara menghilangkan jerawat batu dan bekasnya bisa menggunakan cara ini.

  1. Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

Krim ini sangat laris di pasaran, selain murah krim ini dapat mengatasi masalah jerawat. Krim ini sangat ringan di gunakan sehingga mudah di serap oleh kulit, dan dapat menghaluskan kulit serta mengencangkan selain mengobati jerawat. Cara menghilangkan jerawat hitam bisa menggunakan cara ini.

  1. Sariayu Intensive Acne Care

Sariayu adalah produk lokal yang masih mempercayakan bahan bahan tradisional sebagai obat kecantikkan, dan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kita. krim ini mengandung belerang halus, pagangan dan bahan alami lainnya yang khusus di buat untuk mengobati jerawat. Krim ini akan mengobati peradangan pada kulit, untuk hasil yang diinginkan gunakan juga produk perawatan rangkaian anti jerawat lainnya dari Sariayu. Cara menghilangkan jerawat bernanah bisa menggunakan cara ini.

  1. Verile Acne Gel

Krim ini bisa di bilang harganya murah dan populer namun tetap menjaga kualitas untuk mengobati jerawat dan tidak hanya itu krim ini sekaligus dapat mengempiskan jearwat dan menghilangkan jerawat beserta bekas yang ditinggalkan. Bahan aktif triclosan dan allantoin sangat efektif menyembuhkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali. Cara menghilangkan jerawat tanpa bekas bisa menggunakan cara ini.

  1. Wardah Acne Treatment Gel

Wardah di kenal oleh wanita sebagai produsen kosmetik terbaik, dan tidak hanya itu wardah juga mempunyai rangkaian pengobatan jerawat. Gel ini berwarna bening dan ampuh menghilangkan jerawat, untuk hasil yang maksimal guanakan rangkaian khusus jerawat lainnya. Gell ini juga dapat menyerap minyak sehingga resiko timbulnya jerawat akan sangat kecil, dan sensasi dinginnya akan menyejukkan iritasi akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat di punggung bisa menggunakan cara ini.

  1. Quinoderm Cream

Krim ini mengandungbenzoil peroxide hingga 5% sehingga sangat ampuh mengobati jerawat fdan bekas jerawat. Obat ini termasuk obat yang sangat keras, di sarankan di gunakan hanya untuk jerawat yang sangat parah dan ada baiknya juga berkonsultasi ke dokter. Cara menghilangkan jerawat di hidung bisa menggunakan cara ini.

  1. Acnes Sealing Jell

Penyebab jerawat adalah kadar minyak yang berlebih pada wajah, di tambah lagi denganaktifitas yang di lakukan di luar ruangan akan semakin meningkatkan resiko timbulknya jerawat. Krim ini mengandung isopropyl methyl phenol yang berfungsi untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat, salicylic acid guna mengangkat sel kulit mati, stearyl glycyrrhetinate untuk me ndinginkan iritasi akibat jerawat, vitamin E dab B6 untuk menghaluskan kulit. Cara menghilangkan jerawat pria bisa menggunakan cara ini.

  1. Tabita Skin Care Acne Cream

Krim ini tidak hanya menyediakan krim penghilang jerawat, tetapi juga tersedia krim malam dan sabun wajah penghilang jerawat. Produk  ini juga dapat mencerahkan dan meremajakan kulit wajah, dan krim ini juga cocok untuk jenis kulit orang Indonesia. Cara menghilangkan jerawat batu di hidung bisa menggunakan cara ini. Cara menghilangkan jerawat yang membandel bisa menggunakan cara ini.

  1. Humphrey Skin Care White And Bright Anti Acne Day Cream

Tea tree oil mampu mengatasi jerawat yang di sebabkan oleh bakteri, produk ini memanfaatkannya dalam bentuk krim. Krim ini juga di lengkapi dengan vitamin C, ekstrak bunga amica, ekstra kedelai, dan arbutin yang dapat mencerahkan wajah. Cara menghilangkan jerawat yang membandel bisa menggunakan cara ini.

  1. Esene Acne Cream

Krim ini langsung bekerja mengatasi masalah jerawat, mengandung zat anti bakteri dan tidak mengandung alkohol. Hasil yang maksimal akan di dapatkan dengan menggunakan juga esesne acne liquid dan esene face cleanser. Cara menghilangkan jerawat meradang bisa menggunakan cara ini.

  1. Garnier Pure Active Acne Care Whitening Cream

Sebelum jerawat muncul terlebih dulu akan timbul masalah seperti komedo, minyak berlebih, kusam dan lainnya. Krim ini mengandung UVA / UVB filter yang berfungsi melindungi kulit wajah dari kerusakan karena sinar matahari. Cara menghilangkan jerawat merah dan jerawat kecil di wajah bisa menggunakan cara ini.

  1. Immortal Moisturizing Acne

Krim ini di formulasikan agar kulit menjadi halus selain mencegah jerawat dengan bahan anti acne yang di miliki. Cara menghilangkan jerawat yang tumbuh terus menerus bisa menggunakan cara ini.

  1. Mineral Botanica Acne Care Night Cream

Saat tidak menggunakan make up itulah waktu yang tepat untuk perawatan intensif menghilangkan jerawat, dan krim yang cocok adalah mineral botanica acne care night cream. Ekstrak adansonia yang menutrisi kulit, anti oksidan sebagai pemulih kerusakkan pada sel sel kulit. Jerawat akan hilang dengan krim ini dan  akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

     Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat bisa saja di dapatkan dengan pengobatan atau perawatan rutin, jerawat memang bukan penyakit yang mematikan tetapi cukup membuat panik saat timbul di wajah. Jerawat tidak hanya timbul pada wajah saja, karena punggung pun bisa menjadi tempat hinggap jerawat jika kita tidak merubah kebiasaan hidup. Penyebab jerawat pada punggung sama dengan jerawat pada wajah, kelenjar minyak yang terlalu aktif,dan kelebihan sel kulit mati adalah beberapa faktor penyebabnya. Mengatasi jerawat di punggung akan lebih sulit daripada mengobati jerawat pada wajah, oleh sebab itu lebih baik kita mencegahnya sebelum terjangkit, caranya adalah :

  1. Menggunakan pakaian yangmudah meresap keringat terlebih saat berolahraga
  2. Pilihlah tas tangan , hindari tas punggung atau ransel
  3. Mandi setelah berkeringat, atau selalu membawa produk yang mengandung salicylic acid demi menjaga kebersihan dan mencegah kelebihan minyak.
  4. Jika kulit berjenis kering, gunakan pelembab non comedogenic karena kulit kering yang berlebihan juga dapat sebebkan jerawat.

Setelah kita mengetahui masalah jerawat dari penyebab hingga cara pengobatannya maka kita dapat melakukan tindakan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *