4 Kondisi Wajah Yang Sering Dikira Jerawat Padahal Bukan!

4 Kondisi Wajah Yang Sering Dikira Jerawat Padahal Bukan!

Jerawat biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan pada wajah, sehingga banyak orang yang berfikir bahwa setiap bintik-bintik kemerahan yang muncul diwajah mereka merupakan jerawat, padahal tidak. Terdapat banyak kondisi kulit wajah lainnya yang dari luar hampir sama seperti jerawat tetapi sebenarnya bukan jerawat.

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit memiliki kondisi yang beraneka ragam, seperti bintik-bintik kemerahan yang muncul pada wajah. Bintik-bintik kemerahan tersebut tentunya akan membuat kamu tidak percaya diri dan melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan bintik kemerahan tersebut. Tetapi, sebelum kamu melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kamu mengenali 5 kondisi wajah dibawah ini yang ternyata hampir mirip dengan jerawat, seperti:

  1. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris merupakan kondisi wajah yang hampir sama dengan jerawat. Kondisi ini biasanya timbul di lengan atas dan kaki yang ditandai dengan munculnya benjolan kasar.

Benjolan kasar yang timbul akibat Keratosis pilaris disebabkan oleh kadar keratin yang tidak normal sehingga menghalangi folikel rambut. Keratosis pilaris memang bukanlah suatu hal yang berbahaya, tetapi penderitanya bisa merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut karena menimbulkan rasa gatal dan kering.

  1. Sebaceous Hyperplasia

Sebaceous Hyperplasia merupakan kondisi yang hampir sama dengan jerawat berupa benjolan berwarna daging yang timbul disekitar dagu, dahi ataupun hidung. Kondisi ini memang tidak berbahaya, hanya saja dapat mengurangi rasa percaya diri serta mengganggu penampilan si penderitanya.

  1. Folliculitis

Folliculitis merupakan kondisi dimana wajah mengalami peradangan yang terjadi pada folikel rambut, biasanya kondisi ini ditandai dengan munculnya jerawat kecil berwarna kemerahan yang timbul saat udara sedang sangat panas. Folliculitis biasanya muncul di daerah leher, ketiak, paha dan bokong.

  1. Rosacea

Rosacea merupakan gangguan inflamasi yang terbilang kronis yang biasa kita kenal dengan sebutan jerawat. Rosacea memiliki banyak jenis, tertapi terdapat 2 jenis rosacea yang banyak menyerang orang-orang, yang pertama berupa kemerahan dan kelimpahan pembuluh darah yang tampak jelas di area pipi. Kedua, munculnya benjolan seperti jerawat yang muncul di pertengahan wajah.

Rosacea ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol, histamin, pedas atau kafein.

Itulah tadi beberapa kondisi kulit wajah yang hampir sama dengan jerawat. Jadi, tidak semua bintik-bintik kemerahan yang muncul di area wajah merupakan jerawat, sebaiknya kamu mengenali gejalanya terlebih dahulu agar tidak salah bertindak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *